Horas.web.id - Blog Orang Batak | Berisi Tentang Seni, Budaya dan Pariwisata Batak.

Pecatur Asal Sumut Raih Hasil Bagus di PSBI Chess Cup 2012

pandehost
Hamdani,Pecatur Asal Sumut Raih Hasil Bagus di PSBI Chess Cup 2012

Horas-Jakarta. Pecatur putra andalan Sumut, Hamdani Rudin MF memperlihatkan hasil menggembirakan meski harus bersaing dengan pecatur bergelar Grand Master (GM) di PSBI Chess Cup 2012 di Parkir Timur Komplek Olahraga Gelora Bung Karno Jakarta, 1-6 Juli.

Dengan mengemas 3 poin hasil dari 3 kali menang dari tiga babak yang sudah dimainkan, pecatur yang dipersiapkan ke PON XVIII 2012 di Riau bertengger di posisi kedua (bersama sembilan pecatur lainnya) klasemen sementara.

Di babak keempat yang digelar Selasa (3/7) malam, Hamdani bertemu dengan pecatur asal Kepulauan Riau, FM Kaisar Jenius. Hingga berita ini diturunkan pertandingan masih berlangsung.

Hamdani mengaku cukup puas dengan performa dan pecapaiannya selama tampil di PSBI Chess Cup 2012. Dia berharap bisa tetap bermain baik hingga akhir kejuraan demi merebut gelar juara.

"Senang dan puas karena sampai dengan babak ketiga saya berhasil mencetak kemenangan. Saya berharap bisa menjaga kualitas permainan," kata Hamdani ditemui Analisa sebelum pertandingan babak keempat.

Selain Hamdani, tercatat ada empat pecatur putra Sumut lainnya yang turut tampil di kejuaraan yang digelar dalam rangka perayaan hari jadi yang ke-4 Punguan Simbolon dohot Boruna se-Indonesia (PSBI). Mereka adalah, Muhammad Johan, Roy Charles Marpaung, Syaharuddin Noor dan MN Sukarnaedi.

Adapun pecatur-pecatur bergelar GM yang juga terjun di kejuraan yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp 55 juta ini adalah GMW Irene Kharisma Sukandar, GM Cerdas Barus, GM Ardiansyah dan GM ‘sepuh’ Herman Suradiradja.

Rekor Muri

Secara terpisah, Ketua Panitia Penyelenggara PSBI Chess Cup 2012, Batara Simbolon mewakili Ketua Panitia Pusat HUT PSBI ke-4, Brigjen Anton Simbolon mengatakan kejuaraan ini telah dinobatkan oleh Musium Rekor Indonesia (MURI) sebagai Kejuaraan Catur Antar Master Brekategori Elo Rating Tertinggi di Indonesia.

Yola

Di tempat terpisah, pecatur putri Sumut, Yola Yolanda mencatat kemenangan kedua di Kejurnas Catur Yunior 2012 di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa (3/7).

Yola yang bermain di kelompok usia ‘B’ (16-18 tahun), pada laga kemarin mengalahkan pecatur putri Jawa Barat, Mustika Sari di babak keempat. Berkat kemenangan ini, Yola berhasil menambah raihan poinnya menjadi 2 poin, hasil dari 2 kali menang dan 2 kali kalah.

Lima pecatur Sumut lainnya yang turut tampil di kejuaraan ini, juga hanya mampu menorehkan hasil yang kurang lebih sama dengan Yola. Pecatur putri, Giovanni Chrestella yang turun di kelompok usia ‘C’ (14-16) baru mengemas 3 poin hasil dari 1 kali menang, 1 kali kalah dan 2 kali seri. Diikuti pecatur putra, Tony Wijaya di kelompok ‘B’ dengan raihan 1,5 poin, Budhi Kosasih di kelompok ‘C’ (14-16) dengan 2 poin, Daniel Lumban Tobing di kelompok ‘F’ (10-12) dengan 2 poin dan Wilson Tampis (belum diketahui raihan poinnya).

Menurut Suhadi, ofisial dan Roy Charles Marpaung selaku pelatih tim catur Sumut, kurang maksimalnya performa para pecatur Sumut di ajang ini tak lepas dari kurangnya persiapan juga sejumlah faktor lain yang kurang mendukung.

Diambil dari: Harian Analisa

Horas : Pecatur Asal Sumut Raih Hasil Bagus di PSBI Chess Cup 2012

Pecatur Asal Sumut Raih Hasil Bagus di PSBI Chess Cup 2012

,

Berita Pilihan