Horas.web.id - Blog Orang Batak | Berisi Tentang Seni, Budaya dan Pariwisata Batak.

10 Hal Tentang Anjing Yang Belum Diketahui

pandehost
10 Hal Tentang Anjing Yang Belum Diketahui 

Anjing dan manusia telah hidup secara berdampingan selama sekitar 15.000 tahun, sehingga mungkin manusia berpikir telah mengenal cukup baik. Ternyata ada beberapa fakta yang belum diketahui tentang teman terbaik manusia ini. Tulisan ini murni saduran dan terjemahan bebas dari artikel yang ditulis oleh Stephanie Pappas, Penulis LiveScience Senior. Mudah-mudahan dapat bermanfaat. Berikut beberapa fakta tersebut :

Anjing dapat mendeteksi penyakit 
Manusia dan anjing tidak berbeda jauh secara keseluruhan terutama tentang apa yang membuat keduanya menderita sakit. Sekitar 6 juta anjing didiagnosis menderita kanker setiap tahunnya. Layaknya manusia, anjing bisa juga mengalami penyakit langka seperti gangguan saraf otak ceroid lipofuscinosis yang mengarah pada ketidakmampuan untuk berjalan atau mengontrol otot-otot mereka. Dengan demikian secara uji klinis lebih memudahkan dokter hewan untuk melakukan penanganan seperti model penanganan penyakit pada manusia.

Anjing dapat mencium bau penyakit manusia
Jika manusia memiliki kanker, diabetes, atau epilepsi, maka mungkin anjing yang pertama mengetahuinya. Penelitian telah menunjukkan bahwa anjing dapat dilatih untuk mengendus kanker, payudara paru-paru, kandung kemih kulit, dan prostat. Peneliti menduga anjing dapat mencium aroma sangat samar yang dilepaskan oleh sel-sel abnormal. Anjing juga semakin banyak digunakan sebagai hewan layanan bagi penderita diabetes. Khusus anjing terlatih dapat mendeteksi bau dari fluktuasi (tingginya gula darah dan rendahnya kadar asam) dan memberitahu pemiliknya sebelum mereka merasakan gejalanya. Paling misterius dari semua laporan adalah anjing dapat memprediksi datangnya epilepsi yaitu 45 menit sebelum dimulai.

Melihat Lokasi
Menurut penelitian yang dirilis pada tahun 2009 di sebuah pertemuan American Psychological Association, anjing bisa sepandai balita berumur 2 tahun. Border Collie adalah anjing kelas atas dalam kategori intelijensia dan mampu memahami hingga 200 kata. Poodle, German Shepherd, Golden Retriever dan Doberman termasuk lima ras anjing paling cerdas. (Ras anjing yang paling populer di Amerika, Labrador Retriever berada diurutan nomor tujuh). Para peneliti melaporkan bahwa anjing ras yang lebih tua seperti Hound, Bulldog dan Beagle adalah jenis anjing yang paling lambat belajarnya. Anjing ras baru memang dirancang untuk persahabatan dan keramahan. Sedangkan anjing ras tua dibiakkan untuk mengendus dan berburu. sehingga mereka diberikan kelebihan pada otot daripada otak.

Walau jarang terjadi, tetapi anjing bisa menyebabkan penyakit pada manusia
Airedale terrier dog.
Kita semua telah mendengar desas-desus bahwa mulut anjing lebih bersih daripada manusia. Namun pada kenyataannya anjing dapat membawa patogen yang membahayakan manusia yaitu rabies. Rabies adalah penyakit neurologis fatal dan yang paling terkenal yaitu Old Yeller. Meskipun vaksin dapat dapat menghentikan penyebaran rabies tetapi dalam beberapa kasus, makanan anjing telah diketahui menyebabkan keracunan makanan pada manusia akibat kontaminasi bakteri Salmonella. Sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam The Veterinary Record, telah menemukan bahwa manusia dapat terkena parasit cacing gelang (Toxocara canis) pada saat membelai bulu anjing yang terinfeksi. Cacing gelang yang tumbuh di usus anjing dapat tumbuh di bagian belakang mata manusia sehingga dapat menyebabkan kebutaan. Kadang-kadang cacing gelang bisa hidup di hati dan paru-paru manusia. Memang infeksi cacing gelang pada manusia jarang terjadi dan perawatan hewan yang tepat dapat memastikan bahwa anjing dapat terbebas dari cacing gelang. Namun dokter hewan Inggris dan penulis studi pada majalah New Scientist pada tahun 2003 mengatakan kesehatan adalah penting bagi pemilik anjing. Caranya dengan mencuci tangan yang bersih sebelum makan dan setelah berpelukan.

Anjing mempunyai rasa iri …
Anjing tahu kapan mereka tidak menggoyangkan ekornya. Sebuah penelitian di tahun 2008 yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa ketika anjing melihat anjing lain mendapatkan perlakuan yang lebih dihargai maka anjing yang merasa tidak dihargai akan melakukan trik seperti gelisah, menggaruk diri dan menghindari tatapan anjing yang dihargai. Versi anjing “cemburu” tidak begitu canggih seperti manusia. Tampaknya anjing tidak keberatan jika anjing lain mendapat sosis sementara mereka hanya mendapat roti, dan tidak peduli apakah anjing lain mendapat makanan tanpa melakukan apa-apa. Sementara mereka harus melakukan trik-trik dulu sebelum mendapatkan snack.

… Tapi tidak bersalah
Mata anjing-anjing Fido tidak menunjukkan rasa bersalah walaupun tuannya telah memarahi karena menumpahkan tempat sampah atau yang lain. Anjing hanya menanggapi teguran tuannya. Ketika pemilik anjing mengira anjingnya telah makan suatu yang terlarang dan menegurnya maka anjing menun jukkan wajah “bersalah” terlepas apakah mereka benar-benar memakannya atau tidak. Bahkan anjing yang dituduh bersalah karena merebut makanan sering tampak lebih bersalah daripada anjing yang benar-benar memakan makanan tersebut . Ternyata mata anjing tidak mencerminkan kondisi jiwanya.

 Anjing jinak hidup lebih lama
Menurut riset yang dipublikasikan pada bulan Juni 2010 di The American Naturalist menemukan anjing yang patuh dan jinak hidupnya lebih lama. Studi ini membandingkan penggunaan energi, kepribadian, tingkat pertumbuhan dan rentang hidup dari 56 trah anjing. Setelah mengendalikan faktor-faktor seperti ukuran tubuh, para peneliti menemukan bahwa lama hidup ras anjing agresif lebih cepat dan mati muda. Mereka tumbuh lebih cepat, bersemangat-untuk menghasilkan keturunan, dan juga memiliki kebutuhan energi yang lebih tinggi. Penemuan tersebut menunjukkan bahwa dalam pemuliaan selektif untuk kepribadian, manusia secara tidak sengaja menyadap sifat-sifat yang terkait dengan metabolisme dan umur panjang.

Anjing merupakan mamalia yang mempunyai bentuk tubuh paling beragam
Mulai dari pemurung Bassett Hoind sampai Weimaraner yang keren dan ramping, anjing menunjukkan keanekaragaman yang menakjubkan dalam bentuk tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam The American Naturalist tahun 2010 menemukan adanya perbedaan tengkorak setiap trah anjing. Sebagai contoh tengkorak anjing Collie berbeda dengan tengkorak anjing Pekingese bagaimana tengkorak kucing berbeda dengan walrus walaupun masih dalam satu famili. Semua keragaman ini memungkinkan peneliti mempelajari bagaimana gen bekerja pada spesies anjing ini dan menghubungkan gen untuk sifat tertentu – seperti apa yang membuat Shar-Pei keriput dan Dachshund begitu gemuk.

Nenek moyang Chihuahua bukan berasal dari Meksiko tapi dari Timur Tengah A chihuahua.
Pengetahuan ilmuwan tentang gen anjing telah memungkinkan untuk melacak pohon keluarga anjing. Pada bulan Maret 2010, peneliti mengumumkan di jurnal Nature bahwa jenis anjing berukuran saku setelah ditelusuri pohon keluarganya ternyata berasal dari Timur Tengah. Chihuahua, Terrier dan anjing ras kecil berbagi varian gen dengan serigala abu-abu Timur Tengah. Hal ini menunjukkan bahwa keturunan anjing ras kecil berasal dari daerah itu. Temuan tersebut sesuai dengan bukti-bukti arkeologi bahwa manusia dan anjing telah melakukan persahabatan sejak 12.000 sampai 13.000 tahun yang lalu di Timur Tengah. Anjing telah ditemukan di situs pemakaman kuno manusia, bahkan sering meringkuk di kuburan sahabatnya seorang manusia.

Lassie, ikon agama atau sosial?








Pada zaman kuno, manusia melihat anjing bukan hanya sekedar hewan yang berguna tetapi juga memiliki peran spiritual. Cerberus, anjing berkepala tiga yang disebut anjing penjaga neraka dalam mitos Yunani. Sementara pembalsem Mesir kuno mengambil Anubis, dewa berkepala jackel, sebagai pelindung mereka. Dalam cerita rakyat Maya, anjing diyakini dapat memimpin orang mati ke alam baka. Di Nepal, festival Musim Gugur Tihar dirayakan untuk menghormati anjing dengan untaian bunga dan makanan. Saat ini, anjing lebih cenderung dilihat sebagai hewan peliharaan. Menurut survei tahun 2009-2010 oleh American Pet Products Manufacturers Association, 39 persen rumah tangga di Amerika memiliki setidaknya satu anjing dan total keseluruhannya lebih dari 77 juta anjing peliharaan di rumah-rumah Amerika. Dalam satu survei terbaru, 80 persen pemilik anjing dilaporkan berinteraksi dengan anjing mereka selama lebih dari dua jam sehari. Banyak yang melaporkan bahwa para pemilik anjing menganggap hewan peliharaan mereka sebagai anak-anak mereka. Sebuah penelitian tahun 2000 diterbitkan dalam jurnal The British Psychological Society menemukan bahwa setidaknya manusia sering berinteraksi dengan anjingnya tiga kali lipat lebih banyak daripada berinteraksi dengan sesama manusia.

sumber : https://ruddabby.wordpress.com/2010/09/18/10-hal-tentang-anjing-yang-belum-diketahui/

Horas : 10 Hal Tentang Anjing Yang Belum Diketahui

10 Hal Tentang Anjing Yang Belum Diketahui

,

Berita Pilihan